Mana Dari semua pelajaran yang paling kamu sukai.???

TIK

Belajar Microsoft Word
I.
Mengenal Microsoft Word
Apa sih Microsoft Word?
Microsoft Word adalah software pengolah kata, tujuannya untuk membuat laporan, membuat surat, membuat label surat, membuat tabel pada dokumen dan masih banyak lagi kegunaan lainnya.
II.
Cara menjalankan Microsoft Word
A. Membuka Microsoft Word
Bagaimana kah cara membuka Microsoft Word?, ada beberapa cara yang bisa ditempuh,
antara lain:


1. Pada jendela Microsoft Windows
2.Klik TombolStart Pilih All Programs
3.Kemudian pilih dan klik Microsoft Word. Tunggu sampai jendela program Microsoft
Word ditampilkan.
Cara lain yang bisa dipakai:
-Double Klik icon Microsoft Word pada desktop (jika short cut ke microsoft word
sudah dibuat)


Sebelum membuat dokumen dengan Microsoft Word, ada baiknya kita kenal dulu beberapa
istilah yang sering dipakai. Diantaranya yaitu Screen Layout (tampilan layar),Menu, dan
Toolbar.
Screen Layout
Screen Layoutatau tampilan layar, yaitu tampilan yang ditunjukkan komputer saat
menjalankan program. Untuk tampilan dalam Microsoft Word, tampilannya seperti gambar
di atas.
Lihat bagian Baris Judul, terdapat nama file yang sedang kita buka, jika kita belum menyimpan dan memberi nama pada file yang kita buka, Microsoft Word akan menampilkan file kita dengan nama Document1, 2, 3 dan seterusnya.
Menu
KataMenu yang digunakan dalam Microsoft Word artinya hampir sama dengan pengertian menu dalam kehidupan sehari-hari, contohnya daftar menu di restoran. Di dalam menu ini ada beberapa perintah yang dapat dipilih, cara memilihnya adalah dengan menggeser mouse pada daftar menu, untuk menjalankan perintah pada menu tertentu cukup dengan mengklik perintah pada menu tersebut.


Toolbar
Toolbaritu apa sih? Toolbar itu adalah adalah beberapa gambar kecil (icon) yang dipakai
untuk menjalankan sebuah perintah yang ada pada menu. Cara memakainya yaitu dengan
meng-lik gambar kecil pada baris toolbar tersebut.
Toolbar Standar
Toolbar Format
B. Membuat Dokumen baru.
Jika kita baru memulai menjalankan Microsoft Word, biasanya akan langsung ditampilkan dokumen kosong yang siap untuk ditulisi. Namun jika komputer tidak secara otomatis menyediakan dokumen kosong, ada beberapa cara untuk membuat dokumen baru :
1.Pada jendela Microsoft Word, pilih menuFile New, klik
2.Pada tampilan baru di sebelah kanan klik Blank Document untuk membuat dokumen
baru.
3.Jendela dokumen kosong siap digunakan untuk pengetikan.
Cara lain yang bisa digunakan, yaitu :
Klik icon New Document yang ada pada baris toolbar.
C. Menyimpan Dokumen
Kalau bisa setelah kita memulai pengetikan, sebisa mungkin dilakukan penyimpanan, Tujuannya untuk menjaga kemungkinan kehilangan dokumen karena komputer padam, mati lampu, komputer hang, dll. Caranya :

1.Pada jendela Microsoft Word, pilih menuFile Save, Klik
2.Pada layar akan ditampilkan kotak dialog Save, pilih folder tempat menyimpan file
selanjutnya tulis nama file dokumen dan klikSave .
3.Diusahakan agar melakukan penyimpanan file sesering mungkin.
Cara lain menyimpan file :
Klik iconSave pada baris Toolbar.
Maka muncul jendela Save As. Ketik nama
file dokumen, dan klikSave .
D. Membuka File yang sudah tesimpan
1.Pilih menuFile Open, klik. Maka akan tampil jendela Open.
2.Pilih lokasi dan nama file pada komputer yang akan dibuka
3.Klik tombolOpen, maka file yang tadi dibuka akan tampil pada jendela Microsoft
Word.
Cara lain :
Klik iconOpen File pada baris toolbar.
Dari kedua cara di atas, akan tampil jendela Open File, pilih file yang ingin dibuka dengan menentukan letak foldernya terlebih dahulu. Klik tombol Open, maka file yang dipilih akan tampil pada jendela Microsoft Word.
Kotak Dialog “Open”
E. Menutup file Dokumen
Kalau kita sudah selesai mengetik atau mau beristirahat, simpan dahulu file dokumen yang
sedang kita ketik, lalu kita tutup file. Caranya adalah :
1.pada jendela Microsoft Word, pilih menuFile, Close , klik
2.Maka Microsoft Word akan menutup file dokumen yang barusan kita ketik.
Cara lain :
Klik icon close pada baris toolbar.
F. Menutup Jendela Microsoft Word
Sebelum menutup dokumen, pastikan bahwa dokumen yang telah diketik sudah tersimpan
dengan benar. Cara menutup (close) document :
1.Pada jendela Microsoft Word, pilih menuFile Exit, maka jendela Microsoft Word
akan tertutup.
2.Selain dengan menu File, menutup jendela Microsoft Word juga dapat dilakukan
dengan mengklik tombol
yang ada di pojok kanan atas dari jendela Microsoft
Word.
III. Mengetik Dokumen
Pada saat membuka program Microsoft Word, secara otomatis dokumen baru yang masih kosong yang diberi nama Document1 akan ditampilkan dan siap digunakan. Setiap mengetikkan teks, teks yang diketik akan muncul di posisi kursor dan kursor akan bergeser ke kanan. Kita bisa memindahkan kusor dengankeyboard ataumouse.
Menggerakan kursor dengan keyboard
Menggeser ke kiri
Menggeser ke atas
Menggeser ke kanan
Menggeser ke bawah 
Jika teks yang yang sedang diketik mencapai akhir dari baris, maka teks tersebut secara otomatis akan turun ke bagian bawah baris pegetikan dan kursor secara otomatis pindah ke awal baris berikutnya. Bila perlu tekan tombolEnter untuk memindahkan kursor ke baris berikutnya. TapiEnter diperlukan jika kita mau mengetik di baris baru sebelum sampai ke batas kanan, membuat baris kosong atau memulai paragraf baru.
Arti paragraf dalam Microsoft adalah sejumlah karakter, kata, atau kalimat yang diakhiri
dengan tanda paragraf. Tanda paragraf akan disisipkan pada waktu kita menekan tombol
Enter.Tanda paragraf ini penting untuk mengetahui di mana suatu paragraf dimulai dan
berakhir pada dokumen kita. Dalam keadaan aslinya, tanda paragraf ini tidak ditampilkan.
Sebagai contoh, tampilan halaman pengetikan di bawah ini:
IV.
Mengedit Teks/membetulkan teks
Jika salah mengetik teks, kita bisa membetulkannyanya dengan berbagai cara berikut :
1.Tekan tombolBacksS pace pada keyboard untuk menghapus karakter di kiri kursor.
2.Tekan tombolDelete pada keyboard untuk menghapus karakter di kanan kursor.
3.Untuk menghapus teks yang baru saja Kita ketik, pilih dan klik menu Edit, Undo
Typingatau klik tombol Undopada toolbar
4.Untuk melakukan pengulangan dari teks yang baru kita ketik, pilih menu Edit, Repeat
Typing atau klik tombol Redopada icon.
A. Meng-Copy/Menyalin Teks
Perintah copy dapat digunakan untuk menyalin teks, gambar, Paragraf, dll. Untuk menyalin
teks yang akan kita pilih ke lokasi lain, ikuti langkah ini :
1.Sorot teks yang akan di salin

2.Terus pilih menuEdit Cut, klik
3.Tempatkan kursor pada lokasi baru.
4.Lalu pilih dan klik menuEdit Paste, klik. Kita bisa juga meng-cut teks/gambar
dengan memakai icon ini :
Cut
Paste
D. Format teks
Kita bisa mengatur format teks dengan menggunakan salah satu cara ini :
Pilih atau sorot teks yang akan diformat, lalu atur formatnya sesuai yang kita ingini.
Tempatkan kursor pada posisi awal pengetikan teks, atur formatnya, kemudian ketik
teks yang kita inginkan. Dengan cara ini, semua teks yang kita ketik mulai dari posisi kursor akan mengikuti format yang kita pilih sampai kita melakukan perubahan kembali atau memindahkan posisi kursor ke bagian lain pada dokumen.
1. Mengubah Jenis dan Bentuk Huruf (Font)
Setiap jenis dan bentuk huruf (Font) mempunyai nama, misalnya Arial, Verdana, Comic Sans MS, Courier dan lain-lain. Untuk mengubah Font dari teks yang sebelumnya telah kita ketik, ikuti langkah ini :
a.Sorot teks yang akan kita ubah fontnya.
b.Terus pilih menuFormat Font , klik, maka akan tampil jendela di bawah ini 
c.Pada jendela dialog, tentukan parameternya, setelah selesai klikOK.
Cara lain :
Kita bisa juga memilih jenis font pada tombol daftar pilihan font yangterdapat pada
baris toolbar.
2. Mengubah Ukuran Huruf (Font Size)
Semua teks yang kita ketikkan pada dokumen baru dengan menggunakan template Blank Document akan memakai pilihan asli font Times New Roman dengan ukuran huruf 10 point. Untuk mengubah ukuran huruf (font size) dari teks yang sebelumnya diketik, ikuti caranya :
1.Pilih atau sorot teks yang mau diubah ukurannya.
2.Pilih dan klik ukuran yang diinginkan pada tombol daftar pilihan Font Size yang
terdapat pada baris toolbar formatting.
3. Memilih Gaya Tampilan Huruf (Font Style)
Untuk mengubah gaya tampilan huruf (font style) dari teks yang sebelumnya sudah
kita ketik, ikuti caranya :
1.Sorot teks yang akan diubah gaya tampilannya
2.Untuk membuat “huruf tebal”, klik tombol iconBold yang terdapat pada baris
toolbar Formatting.
3.Untuk membuat “huruf miring”, pilih dan klik iconItalic yang terdapat pada baris
toolbar Formatting.
4.Untuk membuat “garis bawah teks”, pilih dan klik iconUnderline yang terdapat
pada baris toolbar Formatting.
4. Menentukan Warna Huruf (Font Color)
Bila ingin huruf yang telah kita ketik dapat ditampilkan dengan warna tertentu sehingga tampilan huruf tersebut terlihat lebih menarik. Untuk mengubah warna huruf (font color) dari teks yang sebelumnya telah kita ketik, ikuti langkah berikut ini :
1.Pilih atau sorot teks yang akan diubah warnanya.
2.Pilih dan klik warna yang kita inginkan pada icon Font Color yang terdapat pada
baris toolbar Formatting